Tuesday, March 5, 2013

CABAI KATHUR


                              
Cabai kathur disebut kathur karena buahnya tumbuh menjulang langit. Warna cabai kthur hijau waktu muda masak,dan merah tua. Cabai ini tahan simpan selama 12 hari bila dipetik masih segar.
            Para petani cabai kathur dapat memanen cabai kathur setelah 60 hari dari masatanam dan berlangsung sehingga 14 bulan,bahkan jika perawatan intensif masa panen akan lebih lama lagi. Masa panen yang panjang ini sangat menguntungkan petani karena petani bisa menikmati harga rendah dan tinggi. Di saat pasokan cabai rawit kosong harga cabai kathur di pasaran bisa mencapai 20.000/kilo gram.
            Penanaman cabai kathur yang baik adalah ketika akhir musim penghujan dan awal musim kemarau, tetapi cabai kathur tidak masalah jika ditanam di musim kemarau asal persediaan air masih tetap ada.
            Cabai kathur memiliki kelebihan, yaitu seperti di musim kemarau tiba-tiba hujan. Kelebihan cabai kathur lainnya,  yaitu tahan hama penyakit. Salah satunya Aphis gossypii yang menghisap cairan tanaman hingga layu dan mati. Cabai kathur hanya memiliki 10% angka kematian walapun tanpa penyemprotan pestisida, sedangkan cabai rawit memiliki angka kematian sebesar 100% akibat hama bila tanpa penyemprotan pestisida.

No comments:

Post a Comment